Berikut Penjelasan Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan

Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan
Artikel akali ini ialah Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan, Dibawah ini akan dijelaskan secara detail sebaiknya baca sampai selesai, Berikut ulasan Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan:

Ciri-ciri kucing mau melahirkan gimana ya? Memelihara kucing sebenarnya sudah menjadi hobi banyak orang, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pun senang memelihara kucing bahkan mengkoleksinya. Tetapi, ketika kucing yang dipelihara berjenis kelamin betina, tentunya akan membutuhkan lebih banyak perhatian karena kucing betina memiliki masa kehamilan.
Selain memberi perhatian lebih, ada baiknya anda juga harus memperhatikan kondisi kehamilan kucing dengan cara menggali informasi tentang cara membantu kucing melahirkan.
Pada dasarnya kucing bisa melahirkan sendiri secara alamiah tanpa bantuan manusia, karena induk kucing yang akan melahirkan justru terganggu dengan kehadiran manusia.
Tetapi kadang-kadang tetap saja terjadi gangguan atau kesulitan yang dirasakan oleh calon induk kucing tersebut. Gangguan yang terjadi ketika kucing melahirkan bisa mengakibatkan anak kucing yang dilahirkan menjadi cacat, bahkan mati.
Itulah sebabnya anda harus paham bagaimana cara menangani kucing yang akan melahirkan.
kenali ciri-ciri kucing mau melahirkan sebentar lagi. via : cattime.com
Daftar isi
Apa saja ciri-ciri kucing mau melahirkan?
Ciri-ciri kucing melahirkan, Masa kontraksi dan anak kucing lahir
Apa saja ciri-ciri kucing mau melahirkan?
1. Mencari tempat yang sepi dan aman
Biasanya ciri-ciri kucing mau melahirkan, kucing akan mencari tempat yang nyaman dan hangat serta sedikit tersembunyi dari serangan predator atau pengganggu seperti manusia, sehingga kebanyakan kucing melahirkan di rumah dan di tempat yang jarang dijangkau manusia, misalnya:
gudang
atap rumah
lemari pakaian
Jika kucing mulai menunjukkan gelagat kesana-kemari menjelajahi seisi rumah atau pekarangan rumah dalam keadaan hamil besar, artinya sebentar lagi kucing itu akan segera melahirkan.
Untuk itu, mulailah menyiapkan tempat yang nyaman supaya induk kucing bisa melahirkan dengan tenang dan masih dalam pengawasan kita.
2. Tidur melulu
Gelagat kucing selanjutnya yang menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan adalah tidur dalam waktu yang cukup lama. Kucing yang akan melahirkan bahkan bisa tidur selama 20 jam penuh.
Anda tidak perlu heran bahkan khawatir jika menemukan kucing anda tidur selama seharian lebih,dalam keadaan hamil tua, karena ini menujukkan ciri-ciri kucing melahirkan yang semakin dekat.
Lalu, kenapa kucing yang hamil besar bisa tidur selama itu?
Kemungkinan calon induk kucing itu sedang mempersiapkan fisiknya dan staminanya untuk melahirkan nanti.
3. Air ketuban pecah
Sama seperti manusia, sebagai mamalia kucing yang hamil juga punya air ketuban di dalam kandungannya. Ibu hamil yang akan melahirkan biasanya mengalami pecah air ketuban, dan ternyata induk kucing yang hamil besar juga akan mengalami pecah air ketuban saat akan melahirkan.
Tetapi bagaimana cara membedakan apakah kucing itu percah air ketuban atau hanya buang air? Nah, yang perlu kita ketahui terlebih dahulu adalah kucing melahirkan berapa bulan.
Masa kehamilan kucing
Umumnya masa kehamilan kucing adalah 60 sampai 70 hari atau selama satu setengah sampai dua bulan. Jika sudah memasuki bulannya, kita bisa membedakan bahwa ternyata kucing tersebut mengalami pecah air ketuban, bukan buang air biasa.
4. Kucing mengeong terus
Selain itu, ciri-ciri kucing mau melahirkan biasanya kucing akan mengeong-ngeong dengan keras dan terus-menerus hingga terdengar berisik. Artinya itu adalah tanda kucing akan melahirkan.
Anda harus paham dengan pasangan kucing anda supaya saat kucing akan melahirkan, anda tidak boleh mempertemukan kucing jantan b dengan kucing betina.
Justru anda harus menjauhkan kucing jantan pasangan kucing anda, karena kucing jantan tersebut akan membawa anak kucing yang telah dilahirkan.
Bahkan ada beberapa kasus kucing jantan yang memakan anak dari kucing betinanya yang baru dilahirkan terutama anak kucing yang berjenis kelamin jantan.
5. Keluarnya cairan kolostrum dari kelenjar susu
Tanda-tanda kucing mau melahirkan selanjutnya yaitu keluarnya cairan kolostrum dari kelenjar susunya.
Cairan kolostrum yang keluar berwarna sedikit kuning dan biasanya jika cairan kolostrum itu sudah keluar, maka seminggu kemudian induk kucing akan melahirkan.
Setelah itu, sebaiknya anda mempersiapkan tempat yang hangat dan nyaman karena sesudah melahirkan induk kucing akan memindahkan anak-anaknya ke tempat yang lebih bersih.
6. Air ketubah pecah
Ini pertanda semakin dekatnya kelahiran si bayi kucing, ciri-ciri kucing mau melahirkan yang ini harus segera kita atasi dengan cepat dengan membantu kucing melahirkan.
7. Keluarnya cairan seperti air kencing
Nah dari air ketuban yang pecah tersebut bisa ditandai dengan adanya cairan namun bukan air kencing, yep air ketuban.
8. Nafsu makan berkurang
Ciri-ciri kucing mau melahirkan yang lain lain ialah menunjukkan bahwa kucing akan segera melahirkan adalah nafsu makan induk kucing yang menurun. Kemungkinan itu terjadi karena induk kucing itu mulai lemas dan kesulitan bergerak.
Baca juga : Kenapa Nafsu Makan Kucing Berkurang.
9. Lebih sering menjilati tubuh
Selain ciri-ciri kucing mau melahirkan di atas, kucing betina yang hamil besar dan akan segera melahirkan lebih sering menjilati tubuhnya. Proses menjilati tubuh ini adalah cara alami untuk mendorong keluarnya hormon yang mempermudah proses kelahiran.
10. Susah bergerak
Karena tubuh di bagian perut yang membesar dan mungkin sudah mengalami kontraksi, memuntuk kucing susah untuk bergerak dan mungkin anak kucnig mau lahir.
11. Suhu tubuh berkurang
Di masa kehamilan yang sudah mendekati waktu untuk melahirkan terutama 12 sampai 24 jam sebelum kelahiran, sebaiknya jangan lupa untuk memeriksa suhu tubuh induk kucing.
Biasanya suhu normal induk kucing yang mau melahirkan sekitar 37-38 derajat celcius, kalau kucing normal sekitar 38-39,2 derajat celcius.
12. Nafas terengah, denyut jantung lebih cepat
Dalam keadaan normal, kucing yang akan melahirkan akan terlihat lebih terengah-engah dan pernafasan serta denyut jantungnya menjadi lebih cepat.
Hal ini menunjukkan bahwa induk kucing sedang mengalami kontraksi, karena posisi janin kucing di dalam rahim berpindah ke mulut rahim.
Ciri-ciri kucing melahirkan, Masa kontraksi dan anak kucing lahir
Masa kontraksi pada kucing ini bisa berlangsung selama 12 jam sebelum melahirkan. Pada saat janin berpindah memasuki daerah panggul, induk kucing akan mulai gelisah dan mencari posisi yang nyaman untuk melahirkan.
Setelah itu, biasanya sang induk akan sedikit mengejan sekali atau dua kali selama 10 sampai 30 menit untuk melahirkan setiap anak kucing. Anak kucing yang dilahirkan bisa kepalanya atau kakinya terlebih dahulu.
Selanjutnya sesudah bayi-bayi kucing dilahirkan, induk kucing akan secara alami menjilati kantung ketuban anak-anaknya supaya anak-anaknya tersebut bisa bernafas.
Tidak hanya dijilat, kantung ketuban itu juga akan dimakan oleh sang induk dan kemudian memotong tali pusarnya dengan cara menggigitnya.
Proses melahirkan akan ditutup dengan keluarnya plasenta dari rahim induk kucing. Itulah beberapa ciri-ciri kucing hamil dan akan melahirkan yang perlu anda cermati, supaya kucing kesayangan anda dapat melahirkan dengan baik.


Kamu sudah diakhir postingan Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan, Terimakasih telah membaca sampai selesai, Silahkan share ke medsos kamu ya agar bermanfaat untuk orang banyak.

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Penjelasan Kucing Keracunan

Berikut Cara Merawat Kucing Yang Baik Agar Tetap Sehat dan Terjaga Serta Penjelasannya

Berikut Penjelasan Penyakit Kulit pada Kucing