Berikut Penjelasan Ciri-ciri Kucing Stres

Ciri-ciri Kucing Stres
Artikel akali ini ialah Ciri-ciri Kucing Stres, Dibawah ini akan dijelaskan secara detail sebaiknya baca sampai selesai, Berikut ulasan Ciri-ciri Kucing Stres:

Hai pecinta kucing! Para pecinta kucing yang budiman, pernahkah kamu merasakan stres? Tentu pernah kan, apa iya hidup bahagia terus, pasti pernah merasa sedih, stres, bimbang dan tentunya bahagia.
Kalau pecinta kucing pernah merasakan semua itu, kucing-kucing pun demikian, pernah merasakan rasa sebagaimana yang dirasakan manusia. Kali ini, kami akan membahas tentang ciri-ciri kucing stres.
Saat mengalami stres, tentu si kucing mengalami gejala-gejala yang berbeda dari biasanya. Mungkin kamu bingung dengan keadaan kucingnya dan nggak tahu kenapa faktor stresnya.
Bila kucing mengalami stres, tentu sangat mempengaruhi kesehatan kucing, dan dapat memunculkan berbagai penyakit pada kucing disebabkan menurunnya kekebalan imun dan kesehatannya.
Kenapa kucing saya stres?
Apa saja Ciri-ciri Kucing Stres?
gambar kucing stres dan galau. via : www.anekapetindo.com
Di bawah ini, ada beberapa tanda dan ciri kucing mengalami stres yang perlu diketahui oleh para pecinta kucing, dan bisa menjawab pertanyaan yang terpendam dalam masalah pecinta kucing.
Kamu bisa mengetahui kenapa kucing mengalami stres dan segera mengambil tindakan yang tepat dan cepat. Bagaimana ciri-ciri kucing yang stres? Apa saja ciri-ciri kucing stres? Berikut ciri-ciri kucing stres :
1. Suka menyendiri
Terkadang, kucing suka diam di kandang saja dan bersembunyi di ruang-ruang tertutup. Termasuk tanda kucing mengalami stres, kucing suka menyendiri dan mengacuhkan semua yang ada di sekitarnya, baik kedatangan orang asing maupun pemilik sendiri.
Selain suka menyendiri, terkadang si kucing suka diam secara mendadak dan kemungkinan besar turunnya mental si kucing. Jika si kucing terkena serangan mental yang berat, si kucing akan terkena sakit dan mengalami stres.
Jika pecinta kucing mengalami hal demikian, berarti kucingmu sedang stres, dan kamu segera mengecek keadaannya.
2. Birahi tapi tidak punya pasangan
Kucing yang sedang birahi tapi tidak punya pasangan untuk menikah akan jadi berbahaya dan bisa jadi depresi. Kucing akan lebih sering bermain ke luar, cari pasangan lalu gak pulang-pulang (kayak kucingku dulu).
Untuk yang ini cobalah kenalkan ke kucing yang ingin kamu pasangkan, kucing punya hak untuk memenuhi kebutuhan biologisnya kan.
3. Mengalami muntah dan mencret
Ciri-ciri kucing mengalami stres, yaitu mengalami muntah karena masalah pencernaan. Hal ini biasanya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi kucing.
Pecinta kucing harus selalu mengecek dan meneliti dahulu setiap memberikan asupan makanan pada kucing, agar tidak mengalami stres.
Tetapi jika kamu sudah memperhatiakan makanan si kucing dengan benar dan sehat, tapi si kucing masih muntah, berarti kucingmu mengalami stres.
Kamu tidak boleh membiarkannya, cepat baca faktor dan solusi kucing muntah supaya kamu bisa segera mengobati salah satu tanda kucing stres.
4. Grooming yang berlebihan
Groming tentu sangat berguna untuk mempercantik bulu kucing. Akan tetapi jika grooming dilakukan secara berlebihan dan tidak teratur akan berakibat fatal pada kucing.
Jika kucing menjilati bulu-bulunya secara berlebihan dan sampai rontok bulunya, ini kemungkinan si kucing sedang stres atau bulunya banyak kutu kulit.
Dan juga kucing sering menggaruk badannya, sampai lecet, berarti si kucing sedang terkena penyakit kulit atau stres. Saranku untuk mengatasi ciri-ciri kucing stres yang ini, sebaiknya kamu segera mencari obat dan berkonsultasi kepada ahli binatang maupun ahli perawatan binatang.
Baca : Waktu dan Cara Memandikan Kucing yang Tepat
5. Kencing di luar litter box
Jika kucing kencing di luar litter box, bisa menyebabkan kamu merasa jengkel dengan bau dan bekas air kencingnya. Jika kucingmu sering kencing di luar, kamu harus lebih memperhatikan kesehatan dan tingkahnya.
Besar kemungkinan, kucing kamu mengalami stres dan si kucing mencoba memberitahukan kepada pemiliknya dengan memberikan tanda kencing di luar litter box.
Segeralah periksa kandang dan litter box, apakah ada kerusakan atau si kucing dalam keadaan kurang sehat atau stres.
Baca : Cara supaya kucing kencing di litter box
6. Mengeong secara berlebihan
Artikel menarik : Alasan Kucing Mengeong Berlebihan
Ciri-ciri kucing stres yang ke 6 ialah ia jadi mengeong secara berlebihan.
Ada beberapa jenis kucing yang dapat dibedakan dari jenis vokal atau suara ngeongnya, yaitu kucing yang sering bersuara seperti kucing Bengal, kucing siam, kucing sphynx, dan kucing yang cenderung diam atau kurang bersuara seperti kucing Persia dan kucing Scottish fold.
Jika kamu memiliki beberapa kucing, tentu Kamu mengetahui ciri-ciri kucing anda, baik dari segi suaranya maupun tingkahnya. Kamu juga tahu akan seberapa sering kucingmu mengeong dan bersuara manja.
Akan tetapi, jika Kamu melihat kucingmu terdengar lebih sering mengeong dan lebih berisik dari biasanya, kamu harus segera menanggapi gaduhan suaranya.
Dengan suara yang sering, kemungkinan besar si kucing sedang mengadu dengan keadaan dirinya yang kurang beres.
Kamu harus mewaspadai keadaan si kucing, dan kamu harus segera membawa ke dokter binatang untuk mengecek kesehatannya dan menebak faktornya. Karena, kemungkinan kucingmu mengalami stres dengan banyak bersuara.
7. Kucing mengalami mencret
Ciri-ciri kucing stres yang ke 7 ialah kucing mencret. Beberapa kasus ditemukan bahwa salah satu tanda-tanda kucing stres ialah kucing jadi mengalami mencret.
Mencret ini bisa disebabkan karena berbagai macam hal seperti dari makanan, minuman, maupun iklim yang tentu memuntuknya semakin stres.
Coba perhatikan apakah kucing kamu sedang mencret.
Baca : Penyebab dan cara mengatasi kucing mencret
8. Tidur si kucing yang lama
Para catlovers yang baik hati, tentu tahu kapan saja waktu tidur si kucing dan lama tidurnya.
Jika kucingmu tidur melebihi waktu biasanya dan lebih lama tidak bangun dan tidak beraktifitas seperti biasanya, kemungkinan kucingmu sakit dan termasuk tanda kucing mengalami stres.
Kamu harus memperhatikan waktu tidur si kucing seperti biasanya, agar kucingmu tidak sakit dan mengalami stres.
9. Lebih agresif dan defensif
Pernah kucing anggora ku stres dan jadi agresif. Salah satu tanda kucing mengalami stres, si kucing memiliki sifat lebih agresif terhadap semua hal baik binatang lain, orang-orang, maupun pemilik kucing sendiri.
Si kucing bersifat defensif karena dirinya merasa kurang nyaman dengan apa yang ada di sekitarnya.
Bila para catlovers menemukan keadaan kucing-kucingmu demikian, segeralah konsultasikan dengan orang yang lebih ahli dan berpengalaman dalam masalah binatang.
10. Tidak mau makan
Artikel utama : solusi kucing tidak mau makan
Terkadang, kucing juga tidak memiliki nafsu makan.
Kadang juga, si kucing rakus makan-makanan sampai kenyang, tapi si kucing juga kadang malas untuk makan.
Jika kamu melihat keadaan kucing kamu seperti itu, yakni malas makan dan nafsuna berkurang, bisa jadi kucingmu mengalami stres dengan adanya masalah dalam sistem pencernaannya.
11. Bosan
Ciri-ciri kucing stres yang terakhir ialah kucing bosan. Kucing yang bosan cenderung lemas, tidak mau makan dan tentunya jadi stres.
Usahakan kamu ajak dia bermain, selain itu jangan lupa memberi makan yang ia suka tapi jangan yang itu-itu saja.
12. Jadi hoby menggaruk bahkan mencakar!
Yap bener banget.
Contoh sederhananya pas kamu mandiin kucing. Biasanya kucing yang tidak biasa mandi atau pernah ada pengalaman tidak enak sama air, dia bakal berontok pas dimandiin. “Enggaaaak” *sambil mencakar.
13. Tingkahnya ambigu
Gampangnya gini, barusan kucing suka mendekat ke kita eh tiba-tiba sekarang dia jadi galak.
14. Pergaulan dengan teman berubah
Ini beneran lho! Jika kucing stres, dia kan jadi lebih sensitif. Nah kalau pas dia nongkrong sama temen, kelakuannya bisa jadi nyebelin.
Beberapa tanda di atas tentang ciri-ciri kucing stres. Kamu dapat mengecek keadaan kucingmu dengan rajin memeriksa tubuh si kucing, baik dalam hal makanan, minuman, aktivitasnya, dan lainnya.
Semoga dengan penjelasan tanda kucing mengalami stres di atas, dapat memberikan manfaat bagi para Catlovers dimana pun kamu berada. Jika kamu melihat kucing mengalami stres, kamu juga akan ikut mengalami stres dalam mengurusnya.
So, kenali ciri-ciri kucing stres. Jaga dan rawat lah si kucing dengan sebak-baiknya, sebagaimana kamu merawat dirimu sendiri. See you next time!


Kamu sudah diakhir postingan Ciri-ciri Kucing Stres, Terimakasih telah membaca sampai selesai, Silahkan share ke medsos kamu ya agar bermanfaat untuk orang banyak.

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Penjelasan Kucing Keracunan

Berikut Cara Merawat Kucing Yang Baik Agar Tetap Sehat dan Terjaga Serta Penjelasannya

Berikut Penjelasan Penyakit Kulit pada Kucing